Rabu, 08 April 2020

Dampak COVID-19 terhadap Sektor TIK di Indonesia


Setelah fokus pada dampak bisnis secara umum, kali ini akan fokus pada dampak COVID-19 terhadap bisnis IT.

Selain sektor perminyakan, terdapat sektor lain yang terkena dampak dari COVID-19 yaitu Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sektor tersebut akan mengalami kekurangan supply chain atau rantai suplai dan kerugian yang disebabkan karena penyebaran berita bohong, salah satunya terjadi di Inggris. Kebohongan tersebut tentang bagaimana COVID-19 dapat menyebar melalui Menara Base Transceiver Station (BTS) akibat sinyal 5G. Tidak hanya menara saja, pegawai yang bekerja mendapatkan ancaman gangguan ketika sedang bekerja melakukan instalisasi 5G karena hal tersebut dianggap akan membunuh banyak orang jika diaktifkan. Berita tersebut hadir dikarenakan China baru mengaktifkan 5G sebelum COVID-19 terdeteksi di Wuhan, China. National Medical Director NHS Stephen Powis dari National Health Service, pemberi layanan kesehatan publik di Inggris, mengatakan bahwa hal tersebut merupakan berita bohong karena tidak ada landasan ilmiah antara kedua hal tersebut.

Jaringan komunikasi yang baik menjadi kebutuhan utama di berbagai Negara untuk mendukung kelancaran kegiatan yang sekarang harus dilakukan secara online, seperti Work From Home (WFH), untuk membantu pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19 agar tidak ada masyarakat yang terjangkit COVID-19. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta semua operator telekomunikasi untuk memperkuat jaringan mereka karena kualitas jaringan komunikasi internet merupakan salah satu hal yang memperlancar WFH masyarakat. Menkominfo juga meminta para operator telekomunikasi untuk menyediakan produk dan solusi yang mendukung kebijakan pemerintah untuk bekerja, belajar, dan ibadah di rumah sesuai dengan kapasitas masing-masing operator. Para operator telekomunikasi juga diminta untuk melakukan optimasi, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan telekomunikasi beserta alat dan perangkat telekomunikasi lain dengan tetap mematuhi kebijakan pemerintah terkait pembatasan interaksi dan menjaga jarak aman. Salah satu operator yang telah menerapkan kebijakan tersebut adalah Telkomsel dengan memberikan kuota gratis sebesar 30 gigabytes (GB) untuk mengakses situs e-learning masing - masing kampus di 130 perguruan tinggi di Indonesia, situs Spada Indonesia milik Kemendikbud selama 30 hari tanpa biaya, dan platform e-learning, seperti Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu.
Pengamat telekomunikasi Kamilov Sagala menyatakan bahwa dampak negatif COVID-19 terhadap bisnis IT di Indonesia adalah keterhambatan suplai perangkat jaringan dan tenaga ahli dari vendor yang berasa dari negara terdampak COVID-19. Kamilov juga menyatakan bahwa dampak terbesar adalah potensi terhadap kenaikan biaya belanja untuk modal infrastruktur jaringan dan operasional maintenance atau penjagaan sistem operasional untuk mempertahankan layanan 7 x 24 jam. Kondisi ini membuat operator membutuhkan sejumlah insentif, misalnya keringanan regulasi pajak, untuk mendukung pengembangan jaringan hingga kemudahan dalam melakukan transformasi digital karena terdapat kenaikan penggunaan internet yang harus ditanggung oleh operator seluler.
Selain dampak negatif, terdapat dampak positif dari COVID-19 yaitu peluang untuk para operator seluler maupun pengembang aplikasi lain untuk meningkatkan dan mengembangkan sarana internet atau aplikasi agar mempermudah kebutuhan masyarakat dalam menjalankan aktifitas. Salah satu aplikasi yang sangat popular saat ini adalah zoom. Sebuah aplikasi yang menyediakan fitur untuk dapat berkomunikasi secara video maupun obrolan dengan teks. Aplikasi ini dimanfaatkan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia untuk menunjang WFH. Meskipun sangat popular dan banyak digunakan, aplikasi ini menuai kritikan karena terdapat kebocoran video yang tersimpan di cloud dan tidak terlindungi oleh password sehingga dapat diakses oleh siapapun. Tak hanya masyarakat yang menggunakan aplikasi tersebut tetapi Pemerintah Indonesia juga ikut menggunakan aplikasi tersebut untuk menunjang kelancaran rapat – rapat penting negara. Menkominfo menjamin bahwa penggunaan aplikasi zoom untuk rapat – rapat penting negara akan aman dan terkendali di bawah kendali kantor sekretaris kabinet.
Tahun 2020 merupakan tantangan bagi sektor TIK karena terjadi pergeseran aktifitas yang biasa dilakukan secara nyata menjadi maya karena pandemi COVID-19. Pergeseran teknologi ini mengubah pandangan tentang banyak hal mulai dari bisnis, inovasi teknologi, hingga kultur dan struktur organisasi perusahaan.


Sumber :

Adi Fida Rahman. 2020. Menkominfo Minta Operator Telekomunikasi Perkuat Jaringan demi WFH Lancar. https://inet.detik.com/telecommunication/d-4954299/menkominfo-minta-operator-telkomunikasi-perkuat-jaringan-demi-wfh-lancar diakses pada 7 April 2020.

Agus Tri Hayanto. 2020. COVID-19 Merebak di RI, Industri Telco Butuh Suplemen. https://inet.detik.com/telecommunication/d-4941617/covid-19-merebak-di-ri-industri-telco-butuh-suplemen  diakses pada 7 April 2020.

Agus Tri Hayanto. 2020. Telkomsel Gratiskan Internet 30GB Untuk Pelanggan Mahasiswa. https://inet.detik.com/telecommunication/d-4952012/telkomsel-gratiskan-internet-30gb-untuk-pelanggan-mahasiswa diakses pada 8 April 2020.

Dythia Novianty. 2020. Dampak Virus Corona Bagi Industri Telekomunikasi. https://www.suara.com/tekno/2020/03/17/095107/dampak-virus-corona-bagi-industri-telekomunikasi diakses pada 7 April 2020.

Sania Mashabi. 2020. Menkominfo Pastikan Aplikasi Zoom untuk Rapat Kenegaraan Aman dari Kebocoran Data. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/07/19015501/menkominfo-pastikan-aplikasi-zoom-untuk-rapat-kenegaraan-aman-dari-kebocoran?page=all#page3 diakses pada 8 April 2020.

Virgina Maulita Putri. 2020. Waduh! Tower 5G Dibakar karena Hoax Virus Corona. https://inet.detik.com/telecommunication/d-4965793/waduh-tower-5g-dibakar-karena-hoax-virus-corona diakses pada 7 April 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak COVID-19 terhadap Sektor TIK di Indonesia

Setelah fokus pada dampak bisnis secara umum, kali ini akan fokus pada dampak COVID-19 terhadap bisnis IT. Selain sektor perminyakan, ...