Jumat, 19 April 2019

Perbedaan BRM dan SLM


Kali ini, saya akan membahas perbedaan BRM dan SLM. Apa itu BRM dan SLM? 

BRM adalah singkatan dari Business Relationship Management atau Manajemen Hubungan Bisnis sedangkan, SLM adalah singkatan dari Service Level Management atau Layanan Manajemen Tingkat.

Mereka berdua adalah prinsip umum dari Hubungan Bisnis Manajemen. Sebelum saya menjelaskan mengenai perbedaan  BRM dan SLM, saya akan jelaskan sedikit mengenai kedua hal tersebut.

BRM adalah prinsip yang berfokus kepada kepuasan pelanggan dimana menurut saya, prinsip ini sedikit kurang menguntungkan bagi pelanggan. Mengapa? Karena mereka hanya berpacu pada kepuasan pelanggan dimana tidak semua pelanggan dapat diperlakukan sama.

Sedangkan, SLM juga memiliki prinsip yang berpacu kepada kepuasan pelanggan hanya saja terdapat tingkatan atau level dalam melayani pelanggan. Dimana semua pelanggan tidak sama levelnya pada prinsip ini.

Mari kita ambil contoh kasus.

Anggap saja Bank “A” memiliki 2 kategori nasabah yaitu biasa dan prioritas. Bank tidak mungkin menerapkan BRM pada hal ini, kenapa? Karena salah satu pihak nasabah mungkin akan merasa dirugikan. Bayangkan jika nasabah prioritas yang menabung lebih banyak  dari nasabah biasa tentunya akan memberikan keuntungan lebih kepada bank namun, diperlakukan sama dengan nasabah biasa tanpa keistimewaan yang lebih akan membuat para nasabah prioritas merasa dirugikan atau tidak adil. Sehingga penerapan SLM dalam kasus ini sangatlah efektif.

Maka menurut saya, SLM lebih efektif dibandingkan dengan BRM. Karena semakin tinggi pelanggan memberi kepada kita maka, kita akan semakin diuntungkan. Oleh karena itu, anggap saja kita seperti memberi reward kepada pelanggan tersebut.

Sekian, semoga bermanfaat!

DAFTAR PUSTAKA
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/48491/Pert2.pptx&ved=2ahUKEwiauu_29_PhAhX-63MBHXZkBvcQFjACegQIARAB&usg=AOvVaw1WLrbEIiRzDTmuNN96Ksxa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak COVID-19 terhadap Sektor TIK di Indonesia

Setelah fokus pada dampak bisnis secara umum, kali ini akan fokus pada dampak COVID-19 terhadap bisnis IT. Selain sektor perminyakan, ...