Kali ini, saya akan membahas
perbedaan BRM dan SLM. Apa itu BRM dan SLM?
BRM adalah singkatan dari Business
Relationship Management atau Manajemen Hubungan Bisnis sedangkan, SLM adalah
singkatan dari Service Level Management atau Layanan Manajemen Tingkat.
Mereka berdua adalah prinsip umum
dari Hubungan Bisnis Manajemen. Sebelum saya menjelaskan mengenai
perbedaan BRM dan SLM, saya akan
jelaskan sedikit mengenai kedua hal tersebut.
BRM adalah prinsip yang berfokus
kepada kepuasan pelanggan dimana menurut saya, prinsip ini sedikit kurang
menguntungkan bagi pelanggan. Mengapa? Karena mereka hanya berpacu pada kepuasan
pelanggan dimana tidak semua pelanggan dapat diperlakukan sama.
Sedangkan, SLM juga memiliki prinsip
yang berpacu kepada kepuasan pelanggan hanya saja terdapat tingkatan atau level
dalam melayani pelanggan. Dimana semua pelanggan tidak sama levelnya pada
prinsip ini.
Mari kita ambil contoh kasus.
Anggap saja Bank “A” memiliki 2
kategori nasabah yaitu biasa dan prioritas. Bank tidak mungkin menerapkan BRM
pada hal ini, kenapa? Karena salah satu pihak nasabah mungkin akan merasa
dirugikan. Bayangkan jika nasabah prioritas yang menabung lebih banyak dari nasabah biasa tentunya akan memberikan
keuntungan lebih kepada bank namun, diperlakukan sama dengan nasabah biasa
tanpa keistimewaan yang lebih akan membuat para nasabah prioritas merasa
dirugikan atau tidak adil. Sehingga penerapan SLM dalam kasus ini sangatlah
efektif.
Maka menurut saya, SLM lebih efektif
dibandingkan dengan BRM. Karena semakin tinggi pelanggan memberi kepada kita
maka, kita akan semakin diuntungkan. Oleh karena itu, anggap saja kita seperti
memberi reward kepada pelanggan tersebut.
Sekian, semoga bermanfaat!
DAFTAR PUSTAKA
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/48491/Pert2.pptx&ved=2ahUKEwiauu_29_PhAhX-63MBHXZkBvcQFjACegQIARAB&usg=AOvVaw1WLrbEIiRzDTmuNN96Ksxa
DAFTAR PUSTAKA
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/48491/Pert2.pptx&ved=2ahUKEwiauu_29_PhAhX-63MBHXZkBvcQFjACegQIARAB&usg=AOvVaw1WLrbEIiRzDTmuNN96Ksxa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar